5 Jurus Dapat Pelanggan Setia, Sekali Beli Jadi Langganan!
26 Aug 2025

Ingin punya loyal customer alias pelanggan setia yang rajin membeli produk atau jasa yang kita jual? Ini tentunya sangat menguntungkan, tapi banyak pula yang perlu dipersiapkan.
Kita juga tentu sudah tahu bagaimana pelanggan berperan penting dalam setiap bisnis, tak terkecuali UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).
Pelanggan menjadi sumber pendapatan utama hingga terdapat istilah di luar sana yang disebut ‘pelanggan adalah raja’.
Oleh karena itu, setiap pengusaha, termasuk pelaku UMKM, selalu mencari tahu dan berjuang untuk mendapatkan loyal customer mereka sendiri. Ini menjadi salah satu tujuan utama mereka agar usaha semakin berkembang dan bertahan lama.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan pelanggan setia yang dapat memberi keuntungan besar bagi perusahaan? Yuk, kita cari tahu bersama!
Manfaat Punya Pelanggan Setia
Menjaga pelanggan agar tetap loyal membawa sejumlah manfaat besar, bukan hanya untuk keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk peningkatan keuntungan jangka panjang.
Beberapa keuntungan memiliki pelanggan yang loyal adalah…
1. Menghemat Biaya Pemasaran
Promosi untuk menarik pelanggan baru memerlukan biaya besar.
Dengan adanya pelanggan setia, kita tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang untuk kampanye pemasaran berulang di berbagai platform.
Hal ini juga didukung oleh survei Business Dasher, bahwa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru bisa enam kali lipat dibanding mempertahankan pelanggan lama.
Ditambah lagi, pelanggan setia sering kali menjadi agen pemasaran gratis dengan promosi word-of-mouth dan memberikan rekomendasi positif yang sulit dibeli dengan iklan.
Dengan itu, pelanggan yang puas akan datang kembali dengan sendirinya, bahkan akan mengajak orang lain sebagai pembeli!
2. Memperbesar Peluang Penjualan Tambahan
Pelanggan setia, yang seringkali menjadi repeat customers, tidak hanya membeli ulang produk atau jasa kita, tetapi juga lebih terbuka terhadap penawaran produk baru dari merek yang sudah dipercaya.
Survei lainnya dari Business Dasher juga mengungkap besarnya peran pelanggan lama daripada pelanggan baru dalam penjualan sebuah perusahaan, yaitu mencapai 65%.
Tak hanya itu, pelanggan lama bahkan menghabiskan 67% lebih banyak uang untuk membeli produk atau jasa dibanding pelanggan baru.
Bagi pengusaha seperti pelaku UMKM, tentunya loyalitas konsumen ini berpotensi ke peningkatan omzet yang signifikan.
3. Membuat Hubungan Jangka Panjang
Loyalitas konsumen bukan sekadar tentang transaksi, melainkan hubungan emosional.
Pelanggan yang merasa dihargai akan terus kembali dan mendukung bisnis kita, bahkan saat muncul pesaing baru. Hubungan jangka panjang ini menjadi fondasi kokoh yang sulit digoyahkan.
Baca Juga: Usaha Kuliner: 6 Keuntungan dan Tipsnya yang Bikin Dompet Tebal!
Cara Mendapatkan Pelanggan Setia
Membangun customer loyality atau loyalitas konsumen membutuhkan upaya konsisten dan strategi yang tepat.
Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan pengusaha, tak terkecuali pelaku UMKM:
1. Memberikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan yang cepat, ramah, dan profesional adalah kunci. Tanggapi setiap pertanyaan, keluhan, atau masukan dengan serius.
Pelanggan yang merasa dihargai dan mendapatkan pelayanan baik akan lebih mungkin bertahan.
Hal ini juga terbukti dalam survei yang menunjukkan 96% pelanggan beralih ke merek lain karena pelayanan buruk, sedangkan 73% tetap setia berkat pelayanan yang baik.
Contohnya, pelaku UMKM di bidang kuliner menjaga komunikasi dengan pelanggan melalui respons cepat di aplikasi pesan-antar makanan atau media sosial.
Hal sederhana ini sering kali membuat pelanggan merasa diperhatikan dan tentunya lebih memilih produk tersebut daripada yang lain karena pelayanan yang gesit tanpa lama menunggu.
2. Meningkatkan Kualitas Produk
Ingin mendapat loyal customer? Maka perhatikan kualitas produk yang kita jual!
Produk yang kualitasnya konsisten akan membangun kepercayaan, jadi jangan mengecewakan pelanggan setia yang sudah ada dengan produk yang menurun standarnya.
Lakukan pengecekan rutin dan perbaikan bila diperlukan. Inovasi juga penting agar produk tetap relevan dengan tren pasar dan mampu bersaing di pasaran yang semakin luas.
Misalnya, UMKM bidang fashion memperbarui desain setiap musim tanpa mengorbankan kualitas bahan.
Pelanggan lama akan senang menggunakan produk yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Bahkan, ini bisa berujung ke promosi gratis melalui mulut ke mulut atau media sosial mereka!
3. Menawarkan Diskon dan Program Loyalitas
Semua orang suka promo dan diskon sehingga keduanya menjadi cara mendapatkan pelanggan setia paling efektif serta menjaga loyalitas mereka agar tetap bersama kita.
Untuk ini, Sobat dapat membuat sistem poin, loyality card, atau penawaran terbatas bagi pelanggan lama.
Ketertarikan pelanggan dalam hal ini ditunjukkan dalam survei Firework bahwa 58% konsumen bergabung dengan program loyalitas demi mendapatkan diskon.
Sebagai contoh, suatu UMKM kopi memberikan pelanggan kartu promo bahwa setelah 10 kali pembelian mereka bisa mendapatkan 1 minuman gratis.
Strategi ini mampu meningkatkan minat pelanggan, membuat pelanggan lama menjadi lebih betah, bahkan juga mengundang pembeli baru!
4. Berikan Pengalaman Belanja yang Mudah
Proses alur pembelian yang rumit juga bisa membuat pelanggan kapok. Oleh karena itu, permudah akses pembelian melalui media sosial hingga e-commerce maupun marketplace.
Selain itu, sediakan metode pembayaran praktis dan sistem penyimpanan data pelanggan agar mereka tidak perlu mengulang pengisian data setiap transaksi.
5. Perhatikan Keluhan dan Ulasan
Sebagai pelaku UMKM, kita pasti telah berusaha keras untuk menciptakan produk terbaik. Namun, kritik dan keluhan dari pelanggan adalah hal yang tak bisa dihindari.
Kritik adalah peluang untuk perbaikan. Dengarkan setiap masukan pelanggan dan respon secara profesional. Pelanggan yang kecewa bisa menjadi loyal customer jika merasa suaranya didengar.
Selain itu, ulasan positif dapat menjadi promosi gratis, sedangkan ulasan negatif memberikan insight untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan menjadi lebih baik.
Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kerajinan Tangan untuk Pemula: Modal Minim, Untung Maksimal!
Dalam bisnis, khususnya bagi pelaku UMKM, menjaga loyal customer atau pelanggan setia bukan sekadar strategi tambahan, melainkan fondasi kesuksesan.
Dengan mengikuti cara mendapatkan pelanggan setia di atas, kita dapat mulai membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas mereka.
Mengutamakan kepuasan pelanggan, menjaga kualitas produk, dan terus berkomunikasi dengan mereka adalah kunci utama untuk mendapatkan pelanggan setia.
Sebagai pengusaha, tak terkecuali pelaku UMKM, kita harus selalu menghargai pelanggan dan kebutuhannya agar mereka kembali lagi dan menjadi pendukung utama bisnis.
Bagaimana? Siap untuk menggaet loyal customer alias pelanggan setia sebanyak-banyaknya?
Terhalang dana? Jangan sampai ini menghambat rencana bisnis kamu! Ajukan pembiayaan modal usaha sekarang juga di SMS Finance.
Dengan melimpahnya modal usaha, kita pun dapat meningkatkan kualitas bisnis dan angka penjualan menjadi lebih besar!
Yuk, tingkatkan potensi kesuksesan bisnis kamu dengan klik di sini!
SMS Finance Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan