Login

Butuh Pinjaman Agunan BPKB Mobil untuk Biaya Sekolah Anak? Simak Keuntungan dan Risikonya

15 Nov 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/saving-money-coin-banking-investment-finance-2232087893

Sebagian besar orang tua umumnya akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pendidikan berkualitas agar anak dapat memenuhi potensi serta bakatnya. Namun, perlu Sobat ketahui biaya pendidikan kurang lebih meningkat setiap tahunnya sekitar 10%-15%. Hal ini tentu akan menjadi dilema bagi sebagian orang tua.

Salah satu solusi untuk memenuhi biaya pendidikan anak adalah dengan mengambil pinjaman dengan agunan seperti BPKB Mobil (selanjutnya kita singkat “Pinjaman Agunan BPKB"). Pinjaman ini dapat membantu Sobat sebagai orang tua untuk memenuhi biaya pendidikan dengan proses cepat dan mudah. Namun, seperti jenis pinjaman dana lainnya ada kelebihan serta risiko yang harus dipahami sebelum melakukan pinjaman. Yuk, disimak!

Kelebihan Pinjaman Agunan BPKB untuk Biaya Pendidikan

1. Syarat Mudah

Salah satu kelebihan dari mengambil pinjaman agunan BPKB mobil adalah persyaratan yang mudah jika dibandingkan dengan jenis pinjaman dana lainnya. Untuk pinjaman dengan agunan BPKB termasuk mudah karena membutuh persyaratan dokumen berikut ini ya.  Selain itu yang perlu diperhatikan Sobat memiliki penghasilan tetap untuk menjamin kelancaran angsuran tiap bulannya.

2. Proses Cepat

Selain persyaratan yang mudah jangka waktu prosesnya juga bisa dibilang cukup cepat. Setelah Sobat melengkapi semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan pembiayaan, akan dilakukan proses survei apabila sudah sesuai, kemudian pengajuan pinjaman agunan BPKB mobil akan diproses. Jangka waktu dari tiap perusahaan beragam tapi umumnya dalam waktu kurang lebih 7 hari kerja atau menyesuaikan dengan ketentuan setiap perusahaan pembiayaan.

Salah satu perusahaan pembiayaan yang bisa memproses pengajuan pinjaman untuk kebutuhan biaya pendidikan, kesehatan hingga renovasi rumah dengan cepat adalah SMS Finance, syaratnya mudah dengan jangka waktu pinjaman yang fleksibel sampai 4 tahun. Download segera aplikasi SMS Finance di Google Play Store.

3. Plafon Pinjaman Tinggi

Umumnya plafon atau batas dana pada pinjaman jenis ini cukup tinggi, tentu hal ini juga dipengaruhi oleh nilai dari Agunan itu sendiri. Berbeda dengan jenis pinjaman lain seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tidak memiliki agunan, pinjaman agunan BPKB mobil memiliki plafon tinggi karena memiliki BPKB mobil sebagai agunannya.

Biasanya jumlah pinjaman yang diberikan kurang lebih senilai 70-80% dari nilai kendaraan yang digunakan sebagai agunan. Jadi jika harga mobil yang dijadikan agunan senilai Rp100 juta maka plafon pinjaman yang diberikan maksimal kurang lebih sekitar Rp80 juta.

Kekurangan Pinjaman Jaminan BPKB untuk Biaya Pendidikan

1. Berpengaruh pada Skor Kredit

Selain beberapa keuntungan yang telah disebutkan di atas, jenis pinjaman yang satu ini juga berpengaruh pada skor kredit Sobat, jika Sobat sampai telat membayar. Artinya, riwayat pinjaman dalam membayar sering telat dan buruk, maka Sobat akan mengalami kesulitan ketika ingin mengajukan pinjaman lain.

Hal ini terjadi karena semua riwayat atau history pinjaman Sobat akan dimasukan ke dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Jadi, usahakan untuk membayar dengan tepat waktu sebelum jatuh tempo agar skor kredit Sobat tetap baik agar tidak ada masalah kedepannya.

2. Surat Kendaraan Jadi Agunan

Salah satu syarat pinjaman agunan BPKB mobil adalah dengan menjadikan aset berharga Sobat seperti BPKB mobil kesayangan menjadi agunan pinjaman. Hal ini tidak akan mengurangi nilai kendaraan yang diagunkan tapi jika Sobat tidak bisa melunasi pinjaman tentunya kendaraan Sobat yang akan ditarik oleh pemberi pinjaman.

3. Denda Jika Terlambat Membayar

Sama seperti jenis pinjaman lainnya, ada tanggal jatuh tempo setiap bulannya untuk membayar angsuran. Jika Sobat tidak mampu membayar dengan tepat waktu tentu akan ada denda dan beberapa biaya yang harus dibayarkan pada bulan berikutnya. Apabila sobat memiliki pinjaman agunan BPKB mobil diusahakan untuk selalu membayar angsuran tepat waktu ya.

Nah, bagaimana sekarang jadi sudah mendapatkan gambaran kan tentang keuntungan dan risiko dari pinjaman menggunakan jaminan BPKB mobil. Buat Sobat yang sedang mencari dana tambahan untuk kebutuhan biaya sekolah anak, Sobat bisa menggunakan Pembiayaan Multiguna dari SMS Finance, Sobat bisa mengajukan pinjaman dengan syarat mudah dan proses cepat dan tentunya memiliki kantor cabang diberbagai wilayah Indonesia.