Login

Simak Keuntungan Pinjam Dana dengan Pinjaman BPKB Mobil Bunga Rendah

15 Nov 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/bpkb-stnk-mobil-vehicle-proof-jakarta-2186360033

Saat membutuhkan dana dengan cepat ada beberapa opsi yang biasanya muncul di pikiran. Mulai dari mengajukan pinjaman di bank hingga meminjam pada saudara atau kerabat dekat. Namun, meminjam ke bank membutuhkan proses administrasi yang tidak sebentar, oleh karenanya sebagian orang memilih mengajukan pinjaman dengan cara menjaminkan BPKB mobilnya (selanjutnya kita singkat “Pinjaman BPKB mobil”).

Hal ini menjadi pilihan karena prosesnya cepat, bunganya rendah, dan plafon pinjaman cenderung lebih tinggi karena adanya agunan atau jaminan. Selain itu, pinjaman BPKB mobil bunga rendah juga memiliki beberapa keuntungan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Tidak Merusak Cashflow

Salah satu kelebihan mengajukan pinjaman BPKB mobil bunga rendah adalah tidak merusak arus kas atau yang biasa dikenal beberapa orang dengan nama cash flow. Menurut beberapa pakar keuangan, jumlah angsuran yang ideal dan tidak membebankan arus keuangan seseorang adalah senilai 30% dari total pemasukan. Dengan jumlah bunga pinjaman yang relatif rendah, Sobat tidak perlu khawatir harus membayar uang angsuran yang besar sehingga arus keuangan bulanan tetap terkontrol dengan baik.

Dapat Melunasi Angsuran Lebih Awal

Selain tidak merusak arus kas keluarga Sobat, pinjaman BPKB mobil bunga rendah juga memberikan kesempatan untuk dapat melunasi angsuran lebih awal. Sebab, Sobat jadi memiliki uang lebih untuk ditabung atau diberikan kepada pos-pos keuangan lain. Ketika dananya sudah cukup atau Sobat memiliki tambahan uang, Sobat jadi bisa langsung melunasi semua utang yang sobat miliki.

Terhindar dari Risiko Gagal Bayar

Kelebihan lain dari melakukan pinjaman BPKB mobil bunga rendah adalah Sobat jadi terhindar dari risiko gagal bayar. Seperti yang sobat ketahui, pada proses melakukan pinjaman, perusahaan pembiayaan akan menyimpan BPKB kendaraan Sobat sementara, hingga pinjaman tersebut lunas. Jika Sobat tidak bisa membayar hutang, maka BPKB mobil akan menjadi milik perusahaan tersebut. Dengan pinjaman bunga yang relatif rendah, kemungkinan Sobat membayar pun akan semakin tinggi. Hasilnya, risiko gagal bayar pun akan semakin rendah.

Tenor Fleksibel

Tenor adalah jangka waktu pinjaman yang disepakati di awal pada perjanjian pinjaman. Biasanya tenor pada pinjaman jenis ini memiliki rentang waktu sekitar 12 hingga 48 bulan atau 1 hingga 4 tahun. Buat Sobat yang sedang mencari dana tambahan untuk kebutuhan mendesak atau tambahan, Sobat bisa menggunakan Pembiayaan Multiguna dari SMS Finance, Sobat bisa mengajukan pinjaman dengan syarat mudah dan proses cepat dan tentunya memiliki kelebihan jangka waktu yang fleksibel pada tenor pinjaman hingga 4 tahun.

Jaminan Fidusia

Jaminan fidusia merupakan jaminan yang diberikan oleh Sobat atau pihak peminjam kepada pihak kreditur (dalam hal ini perusahaan pembiayaan) dengan cara mengalihkan hak kepemilikan suatu aset tertentu kepada pihak kreditur sebagai jaminan pelunasan hutang. Dalam hal ini, Sobat sebagai pihak peminjam tetap memiliki hak untuk menggunakan atau memanfaatkan aset yang dijaminkan tersebut. Yang artinya kendaraan yang digunakan sebagai jaminan tidak harus secara fisik ditahan oleh pihak penyedia pinjaman, hanya suratnya saja.

Hal ini berarti Sobat masih bisa menggunakan kendaraan jaminan untuk beraktivitas seperti biasa. Namun, sebagai catatan karena kendaraan Sobat statusnya adalah barang yang telah dijaminkan jadi ketika tidak bisa melunasi pinjaman maka barang jaminan yang akan ditarik oleh penyedia pinjaman.

Itulah beberapa keuntungan pinjaman BPKB mobil bunga rendah untuk Sobat. Bagi Sobat yang mencari penyedia pinjaman dengan proses cepat dan bunga fleksibel bisa pilih produk pinjaman dari SMS Finance, ya. Download segera aplikasi SMS Finance di Google Play Store.