Login

Apa saja sih Syarat Proses Kredit dan berapakah Kisaran DP Mobil Bekas? Mari Kita Simak dibawah ini

01 Sep 2023

https://www.shutterstock.com/id/image-photo/asian-women-get-car-keys-sellers-675173875

Minat masyarakat akan kendaraan roda empat yang nyaman untuk digunakan bersama keluarga terus meningkat setiap tahun. Sayangnya, tidak semua masyarakat memiliki cukup uang tunai untuk membeli mobil secara cash. Untuk mengatasi hal ini, membeli mobil secara kredit bisa menjadi solusi. Ketika ingin membeli mobil secara kredit, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari dokumen hingga uang muka atau yang lebih dikenal dengan down payment (DP).

Sebenarnya, berapa kisaran DP mobil bekas yang dibutuhkan untuk kredit mobil bekas dan apa saja persyaratannya?
Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini, yuk disimak.

Kisaran Uang Muka atau DP

Mungkin Sobat akan bertanya-tanya berapa sih uang muka atau DP (Down Payment) yang dibutuhkan untuk membeli mobil baik baru maupun bekas. Kisaran atau jumlah DP mobil bekas ditentukan oleh beberapa faktor seperti:

A. Harga Mobil

Harga mobil akan memengaruhi besaran DP mobil bekas yang Sobat pilih, semakin mahal mobil yang Anda pilih maka semakin besar pula DP yang harus Anda bayarkan. Rata-rata kisaran DP mobil ada di angka antara 20% - 50% dari harga mobil.

Besaran Uang Muka (Down Payment) diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan tingkat kesehatan masing-masing perusahaan pembiayaan yang menyediakan pinjaman. Jadi pada dasarnya Perusahaan pembiayaan dapat menetapkan DP 0% s.d 25% namun ini kembali kepada tingkat kesehatan dan kebijakan masing-masing perusahaan pembiayaan. Sebagai contoh, Sobat ingin membeli mobil bekas dengan harga Rp90 juta dan harus membayarkan DP minimal 20%, maka uang yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp18 juta.

B. Usia dan Kondisi Mobil

Selain harga mobil, yang mempengaruhi besaran DP mobil bekas adalah usia dan kondisi mobil. Semakin tua mobil dan kondisinya kurang baik, biasanya memiliki besaran uang muka yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil bekas dalam kondisi baik.

C. Jumlah Tenor

Ternyata, lama waktu pembayaran angsuran atau tenor juga akan mempengaruhi kisaran uang muka atau DP mobil bekas. Semakin lama waktu tenor atau angsuran mobil, maka DP yang dibutuhkan juga akan semakin rendah.

Nah, buat Sobat yang sedang mencari pembiayaan mobil untuk membeli mobil bekas berkualitas, Sobat bisa memilih produk Pembiayaan Carfin dari SMS Finance. Prosesnya tergolong cepat dan menawarkan tenor yang fleksibel hingga 4 tahun, dan bisa mengajukan mobil dengan usia sampai 15 tahun. 

Syarat dan Proses Kredit Mobil Bekas

Selain memberikan DP mobil bekas, ada beberapa persyaratan yang harus Sobat penuhi saat ingin mengajukan kredit mobil, berikut penjelasannya.

A. Persyaratan Dokumen Pendukung

Setiap perusahaan memiliki syarat yang berbeda-beda untuk mengajukan pengajuan pembiayaan mobil secara kredit. Namun, secara garis besar ada beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengajukan kredit mobil seperti:

  1. Kartu Tanda Penduduk
  2. Kartu Keluarga
  3. NPWP
  4. Slip gaji
  5. Bukti bayar PBB, rekening listrik atau air
  6. Surat Keterangan Bekerja untuk pekerja
  7. Keterangan izin praktik untuk profesional
  8. Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP bagi pengusaha

B. Dokumentasi Bukti Penghasilan

Selain dokumen pendukung, biasanya pihak leasing atau dealer membutuhkan bukti penghasilan seperti slip gaji atau rekening bank selama tiga bulan terakhir agar pengajuan kredit mobil bekas bisa disetujui. 

Itulah kisaran DP mobil bekas dan persyaratan umum dalam proses pengajuan kredit mobil bekas. Ingin membeli mobil bekas tapi memiliki dana terbatas? Sobat tidak perlu khawatir karena Sobat bisa mengajukan pembiayaan dari lembaga keuangan yang terpercaya dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni SMS Finance. Prosesnya juga terbilang cepat dengan persyaratan mudah.